Langsung ke konten utama

Cara Menguruskan Badan Menggunakan Latihan Cardio

Memiliki bentuk tubuh yang ideal merupakan impian hampir semua orang, baik bagi wanita maupun pria, tetapi terkadang kita tidak tau cara untuk mewujudkannya.

Saat ini kita akan membahas apa itu latihan Cardio, dan bagaimana latihan Cardio dapat memberantas lemak lemak yang sudah sangat menumpuk di perut dan bagian tubuh kita yang lainnya.

Cardio atau Cardiovaskular merupakan latihan yang berfokus untuk menaikan detak jantung dan meningkatkan sirkulasi darah serta membakar kalori berlebih dalam tubuh. Latihan ini membutuhkan tubuh kita untuk terus menerus bergerak dan semakin sering kita bergerak akan semakin kuat dan sehat  tubuh kita.
Berikut beberapa latihan cardio yang bisa kita lakukan.
LARI
Lari merupakan latihan Cardio yang sangat efektif dan bisa dilakukan dimana saja, latihan ini sangat mudah dan hanya membutuhkan niat dan semangat. manfaat berlari dapat menurunkan berat badan dan menguruskan perut dengan efektif, meningkatkan kesehatan jantung dan pernafasan, mengurangi kolestrol, menguatkan tulang dan masih banyak lagi
BERSEPEDA
Bersepeda juga termasuk jenis latihan Cardio, karena gerakannya yang membutuhkan kaki kita untuk terus bergerak latihan mampu menjaga kesehatan jantung, menguatkan otot kaki, menurunkan tekanan darah dan lain sebagainya. Tidak hanya menyehatkan latihan ini juga membantu kita mengeksplorasi tempat tempat baru yang belum pernah kita kunjungi.
BERENANG

Berenang termasuk jenis latihan Cardio yang menyenangkan karena bisa dilakukan semua orang dan semua usia, berenang juga dapat menurunkan resiko diabetes tipe 2, menurunkan resiko tekanan darah tinggi, mengurangi resiko terkena stroke dan latihan ini cocok untuk orang yang mengalami masalah pada bagian sendi di tubuhnya
AEROBIC
Sudah tidak diragukan lagi khasiat dari Latihan Aerobic ini, dari memperkuat otot pernafasan, meningkatkan sirkulasi darah serta menurunkan tekanan darah, meningkatkan kesehatan mental, menurunkan stress, gejala depresi, menguruskan perut dan masih banyak lagi
Berikut beberapa manfaat penting lainnya dari latihan Cardio yang sudah saya rangkum.
1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Jantung kita sama seperti otot otot yang lain di tubuh kita, dan layaknya otot bila kita tidak melatihnya kinerja jantung kita akan semakin melemah.
Bukti nyata jantung yang lemah yang sering sekali saya lihat adalah banyaknya generasi muda saat ini yang sudah tidak kuat naik tangga, berjalan jauh, atau bahkan berlari yang jaraknya tidak sampai 100m
Semakin kuat jantung kita semakin banyak oksigen yang diantarkan ke sel sel yang ada di otot kita, hal inilah yang membuat sel sel kita membakar lebih banyak lemak saat berolahraga ataupun sedang santai dirumah.

2. Menjaga Berat Badan

Seiring dengan meningkatnya kemampuan detak jantung kita, Latihan Cardio juga meningkatkan beberapa proses dalam tubuh kita contohnya Metabolisme.
Semakin intens latihan Cardio yang kita lakukan maka semakin nyata dan terasa peningkatan metabolisme yang terjadi ditubuh. semakin tinggi metabolisme semakin mudah untuk menguruskan tubuh dan menjaga berat badan kita, baik sedang berolahraga maupun sedang santai di rumah.

3. Mengurangi Stress

Melakukan latihan cardio juga mampu menjaga mood kita agar tidak cepat stress, karena latihan cardio yang teratur dapat melepaskan hormon "anti-stress" yang mampu meredakan gejala depresi, kelelahan dan tentunya menurunkan nafsu makan yang berlebih.

4. Mengontrol Diabetes

Bagi kita yang mempunyai penyakit Diabetes, latihan Cardio sangat membantu untuk mengontrolnya. Dengan melakukan latihan ini secara teratur, kita dapat meningkatkan kemampuan otot untuk memanfaatkan glukosa.
Mereka yang berolahraga secara teratur memiliki kontrol terhadap gula darah jauh lebih baik daripada mereka yang tidak berolahraga dan ini sangat penting karena diabetes sangat sensitive terhadap tingkat perubahan gula darah.

KUNCI PENTING
Jika anda baru mau memulai latihan Cardio, pertama-tama fokus pada aktivitas yang dapat membuat kita terus bergerak dan yang dapat meningkatkan detak jantung kita, lebih memilih jalan kaki daripada naik eskalator, jalan santai dipagi atau sore hari, apapun itu yang penting bergerak dan lakukanlah secara teratur.

Setelah tubuh kita sudah terbiasa dengan latihan Cardio, kita bisa melanjutkan lagi latihan kita ke tahap yang lebih lanjut lagi seperti interval training, tempo training dan HIIT ( High Intensity Interval Training ). 

Latihan angkat beban tidak termasuk dengan latihan Cardio karena tidak membuat tubuh kita bergerak terus menerus

Latihan cardio yang berlebihan juga tidak baik dilakukan, contohnya ketika kita lari menggunakan treadmill selama berjam-jam dengan kecepatan yang sama. Sebaiknya melakukan hanya 30 - 45 menit 3 -5 hari seminggu dan fokus ke intensitas cardio daripada lamanya waktu berlari. ( Kecuali kita sedang berlatih untuk lari marathon )

Setelah paham jenis latihan dan manfaat yang diberikan, jadi tunggu apa lagi ?

GOOD THINGS COME TO THOSE WHO ACT

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Curious ? Apa arti sebenarnya dari Curious itu ?

Tentunya kita semua tau dong apa itu Curious, tinggal googling beres deh. Tapi yang jadi masalah apa itu sebenarnya Curious ? apa kita pernah benar-benar mempraktekannya ? atau cukup sekedar tau artinya aja, supaya ketika di tanya oleh pembicara suatu seminar bisa jawab artinya ? 😂 Baiklah kali ini kita akan mengupas sedikit saja tentang Curious dan mengapa sangat menyenangkan dalam mempraktekannya. ambil contoh dalam kehidupan sehari-hari. Biasanya orang yang mengaku dirinya jenius atau cerdas, smart dan lain sebagainya, biasanya (tapi tidak semua nya) malas untuk belajar lagi, apalagi mendengar pendapat atau saran dari orang lain yang dia anggap lebih (maaf)Bodoh. Akibatnya, kemampuan yang dia miliki tidak berkembang lagi. Sifat diatas sangat berlawanan dengan Curious, Curious itu seperti punya keingin-tahuan yang kuat seperti waktu kita kecil dulu, seperti Kenapa bisa hujan ? Kenapa ular ga punya kaki, dan seterusnya. Seru ga sih kalau ternyata banyak banget hal yang ga ki

Mengapa kita harus merubah pandangan ?

Tema santai kita hari ini adalah mengenai pandangan. Disini ada yang pernah selalu memandangang dirinhya akan kalah ketika bertanding di bidang yang disukai semisal pertandingan Dota 2, sepak bola atau tinju melawan juara bertahan ? jika anda menjawab iya, berarti anda sudah jujur pada diri sendiri hehehe. Dr. Richard Wiseman pernah melakukan penelitian terhadap 1000 orang yang sebelumnya sudah di survei dan di bagi dua: satu kelompok orang yang sangat beruntung dan satu nya lagi adalah kelompok orang yang sangat tidak beruntung. Kemudian semua orang di minta untuk membeli lotere, dari 700 orang yang membeli lotere di peroleh hasil berikut : 36 menang dan jumlahnya seimbang , 18 orang termasuk dalam kelompok yang merasa beruntung dan 18 orang lainnya termasuk orang yang merasa tidak beruntung. dari 36 orang yang menang tadi hanya 2 orang yang berhasil menebak 4 angka dengan tepat. satu dari orang yang beruntung dan satu yang merasa tidak beruntung Para pembeli undian tadi, baik

Apa itu BodyWeight Training ? dan Mengapa Sangat Bagus Untuk Kita ?

Apa itu Bodyweight training ? pernahkah kita mendengar istilah itu ? Hari ini kita akan membahas tentang jenis latihan yang satu ini dan kenapa latihan ini sangat bagus dan efektif buat kita, terutama bagi yang ingin mengecilkan perut dan mendapatkan bentuk tubuh yang atletis tanpa harus mengeluarkan biaya. PENGERTIAN BODYWEIGHT TRAINING Bodyweight Training adalah latihan yang tidak memerlukan alat alat berat seperti Dumbell, Barbell atau semacamnya dan hanya fokus menggunakan berat badan kita sendiri dan gravitasi. Latihan Bodyweight training ini dapat meningkatkan berbagai kemampuan biomotor termasuk kekuatan, daya tahan, kecepatan, reflek dan fleksibilitas kordinasi kaki dan tangan serta keseimbangan. KEUNTUNGAN BODYWEIGHT TRAINING 1. GRATIS dan EFISIEN Latihan ini hanya membutuhkan berat tubuh kita sendiri, kita bisa melakukannya dimana saja baik diruang tamu, dalam kamar ataupun di halaman rumah. 2. MUDAH DI LAKUKAN Gerakan gerakan pada Bodyweight Training