Langsung ke konten utama

MICRONUTRIENT - Nutrisi Kecil Yang Dibutuhkan Tubuh

Apa itu micronutrient ? 
Micro mempunyai arti "kecil atau sangat kecil". Meskipun kecil bukan berarti Micronutrient ini tidak penting, karena macronutrient memberikan dampak yang besar pada kesehatan tubuh, kinerja fisik dan mental secara keseluruhan.

Hari ini akan dijelaskan pentingnya fungsi Micronutrient, terdapat dimana dan bagaimana caranya supaya kita bisa mengonsumsinya setiap hari
MICRONUTRIENT SECARA SINGKAT
Apa saja sih yang termasuk dalam kategori micronutrient ? jawabannya adalah vitamin, mineral dan Trace elemen.
Apa peran mereka bagi kita ? peran utama mereka adalah membantu tubuh kita untk memproduksi hormon, enzim dan zat penting lainnya untuk proses metabolisme seperti pertumbuhan dan regenerasi.

kenapa mereka di sebut micronutrient ? karena mereka hanya dibutuhkan oleh tubuh dalam dosis mikro (kecil)
kenapa mereka penting ? karena mereka tidak diproduksi tubuh manusia dan hanya bisa didapatkan melalui mengonsumsi sayur dan buah-buahan.

EFEK KEKURANGAN MICRONUTRIENT
Semakin sedikit jumlah micronutrient yang dikonsumsi akan semakin banyak efek buruk yang akan dialami orang tersebut seperti sistem kekebalan tubuh yang melemah, susah berkonsentrasi dan cepat lelah
mengapa kekurangan micronutrient bisa terjadi ? karena seringnya kebiasaan kita mengonsumsi makanan cepat saji (fast-food), makanan siap saji, softdrink dan lain sebagainya sejak dini.
Rata rata makanan (cepat saji) fast-food memiliki kandungan vitamin dan mineral yang sangat rendah dan sarat dengan lemak trans, gula, aditif, bahan pengawet dan sodium, bahan bahan ini memiliki pengaruh buruk terhadap kesehatan apabila dikonsumsi secara teratur dan terus menerus karena dapat menyebabkan penyakit parah seperti diabetes, kanker atau masalah serius dengan jantung.



CARA MENGATASI KEKURANGAN MICRONUTRIENT
Gaya hidup yang sehat adalah salah satu cara untuk mengatasinya, mulailah lebih sering mengonsumsi sayur dan buah-buahan, selalu jadikan mereka menu utama dalam hidangan makan malam, siang maupun sarapan. Kenapa ? karena sayur dan buah-buahan apapun jenisnya mengandung banyak vitamin, mineral, fitonutrient, karbohidrat dan juga protein.


TAMBAHAN
Vitamin sedikit berbeda dengan mineral, karena vitamin peka terhadap panas, jadi sebaiknya bila ingin mengonsumsi sayur sebaiknya tidak perlu dimasak terlalu lama baik digoreng maupun direbus (ini berlaku juga untuk buah).
Faktor lain yang mempengaruhi kualitas kandungan vitamin buah dan sayur adalah pada saat proses transportasi : ketika terpapar matahari, kadar oksigen, kelembapan dan suhu ruangan gudang yang panas.
jadi lebih baik mengonsumsi buah buahan produk lokal, selain lebih murah, kualitasnya juga tidak kalah dengan produk luar negeri lohh.


REKAP
Micronutrient merupakan zat penting yang dibutuhkan tubuh untuk proses metabolisme untuk proses regenerasi dan proses pertumbuhan, sebenarnya kekurangan micronutrient bisa diatasi dengan mengikuti aturan pemerintah 4 sehat 5 sempurna.
Setelah kita paham apa itu Micronutrient jadi mari kita mulai untuk hidup sehat dari sekarang, karena penyakit datangnya seperti pencuri.
GOOD THINGS COME TO THOSE WHO ACT

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Curious ? Apa arti sebenarnya dari Curious itu ?

Tentunya kita semua tau dong apa itu Curious, tinggal googling beres deh. Tapi yang jadi masalah apa itu sebenarnya Curious ? apa kita pernah benar-benar mempraktekannya ? atau cukup sekedar tau artinya aja, supaya ketika di tanya oleh pembicara suatu seminar bisa jawab artinya ? 😂 Baiklah kali ini kita akan mengupas sedikit saja tentang Curious dan mengapa sangat menyenangkan dalam mempraktekannya. ambil contoh dalam kehidupan sehari-hari. Biasanya orang yang mengaku dirinya jenius atau cerdas, smart dan lain sebagainya, biasanya (tapi tidak semua nya) malas untuk belajar lagi, apalagi mendengar pendapat atau saran dari orang lain yang dia anggap lebih (maaf)Bodoh. Akibatnya, kemampuan yang dia miliki tidak berkembang lagi. Sifat diatas sangat berlawanan dengan Curious, Curious itu seperti punya keingin-tahuan yang kuat seperti waktu kita kecil dulu, seperti Kenapa bisa hujan ? Kenapa ular ga punya kaki, dan seterusnya. Seru ga sih kalau ternyata banyak banget hal yang ga ki

Mengapa kita harus merubah pandangan ?

Tema santai kita hari ini adalah mengenai pandangan. Disini ada yang pernah selalu memandangang dirinhya akan kalah ketika bertanding di bidang yang disukai semisal pertandingan Dota 2, sepak bola atau tinju melawan juara bertahan ? jika anda menjawab iya, berarti anda sudah jujur pada diri sendiri hehehe. Dr. Richard Wiseman pernah melakukan penelitian terhadap 1000 orang yang sebelumnya sudah di survei dan di bagi dua: satu kelompok orang yang sangat beruntung dan satu nya lagi adalah kelompok orang yang sangat tidak beruntung. Kemudian semua orang di minta untuk membeli lotere, dari 700 orang yang membeli lotere di peroleh hasil berikut : 36 menang dan jumlahnya seimbang , 18 orang termasuk dalam kelompok yang merasa beruntung dan 18 orang lainnya termasuk orang yang merasa tidak beruntung. dari 36 orang yang menang tadi hanya 2 orang yang berhasil menebak 4 angka dengan tepat. satu dari orang yang beruntung dan satu yang merasa tidak beruntung Para pembeli undian tadi, baik

Apa itu BodyWeight Training ? dan Mengapa Sangat Bagus Untuk Kita ?

Apa itu Bodyweight training ? pernahkah kita mendengar istilah itu ? Hari ini kita akan membahas tentang jenis latihan yang satu ini dan kenapa latihan ini sangat bagus dan efektif buat kita, terutama bagi yang ingin mengecilkan perut dan mendapatkan bentuk tubuh yang atletis tanpa harus mengeluarkan biaya. PENGERTIAN BODYWEIGHT TRAINING Bodyweight Training adalah latihan yang tidak memerlukan alat alat berat seperti Dumbell, Barbell atau semacamnya dan hanya fokus menggunakan berat badan kita sendiri dan gravitasi. Latihan Bodyweight training ini dapat meningkatkan berbagai kemampuan biomotor termasuk kekuatan, daya tahan, kecepatan, reflek dan fleksibilitas kordinasi kaki dan tangan serta keseimbangan. KEUNTUNGAN BODYWEIGHT TRAINING 1. GRATIS dan EFISIEN Latihan ini hanya membutuhkan berat tubuh kita sendiri, kita bisa melakukannya dimana saja baik diruang tamu, dalam kamar ataupun di halaman rumah. 2. MUDAH DI LAKUKAN Gerakan gerakan pada Bodyweight Training